Wednesday, February 12, 2014

Mold Making, Pembuatan Cetakan (Moulding)

Pelajaran pembuatan cetakan atau moulding ini sangat penting sekali untuk orang yang akan membuat benda-benda darifiberglass (misal bemper mobil, bodi mobil, kapal, speed boat, meja, kursi, patung, helm, setir, asesories mobil/motor, tandon air, souvenir gantungan kunci, pigura foto, replika makanan dll), untuk pembuatan benda dari gip atau gypsum buat souvenir gypsum, membuat emas, sabun, dll.
Menurut saya membuat cetakan adalah pelajaran dasar sebelum anda membuat suatu hasil kreasi. Memang bisa kita memesan di orang lain tapi jauh sangat efektif bila kita bisa membuat sendiri.
Pelajaran cara membuat cetakan ini akan mempelajari macam-macam  pembuatan cetakan dari bahan fiberglass sendiri, dari gypsum, dari karet silicon atau silicon rubber.
Alat membuat cetakan : gelas ukur, wadah plastic, pipet, pengaduk plastic
Bahan Cetakan : resin dan pengering, atau silikon rubber dan pengering, anti lengket, benda /master untuk mencetak, serat ,
Cara membuat Cetakan : bila akan membuat cetakan dari fiberglass , campurkan resin dan pengering aduk rata tuangkan atau dikuas pada benda yang jadi contohnya bila benda yang akan dibuat besar bisa diberi serat agar hasil cetakan kuat. Sebelum  disiram atau dikuas sebaiknya benda contoh diberi anti lengket, Bila bahan dari silikon rubber caranya campur silikon rubber atau karet silikon dengan pengeringnya aduk dan siram atau kuas diatas benda yang dijadikan master cetakan.
Cetakan dari silikon rubber  tahan panas bisa sampai 400oC bisa juga untuk mencetak emas, maka dari itu cetakan silicon rubber  banyak dipakai di tempat pembuatan emas.Hasil dari silikon rubber juga lebih sempurna dan lebih detil, biasa untuk membuat benda yang banyak lekukan, tapi bila membuat benda yang lurus- lurus cukup menggunakan cetakan dari fiberglass jadi tergantung kebutuhan. Harga dari cetakan silikon rubber juga cukup mahal.

Menggunakan Silicon Rubber

Source Article: by Nurhadi Hadi, Link: resin-bekasi.blogspot.com , http://resin-bekasi.blogspot.com/2013/09/cara-menggunakan-silikon-rubber.html


Pada tutorial sebelum ini saya sudah membahas megenai cara menggunakan resin beserta takaran dan tips tips nya,kali ini saya akan berbagi menganai bagaimana cara menggunakan silicon rubber rtv 52 dengan katalis biru. (Stok saat ini rtv 683,lebih bagus).


Pertama-tama saya deskripsikan apa itu silicon rubber? Silikon/silicon rubber adalah cairan berwarna putih kental seperti susu,berfungsi untuk membuat cetakan silicon. Apabila sudah jadi berbentuk karet silicon (lentur persis seperti karet kondom HP).



Untuk membuatnya kita memerlukan beberapa alat pendukung, diantaranya :
  • 1Gelas atau wadah penampung , gunakan saja bekas tempat mineral
  • Pengaduk, boleh menggunakan kayu , sumpit atau sendok (pilih salah satu saja)
  • Master (Bahan yang akan dicetak/diduplikat) *WAJIB
  • Sendok teh
  • Lilin mainan (beli ditukang fotocopy,gramedia atau di abang abang tukang ager)
  • Plastik untuk alasnya

Setelah 5 alat pendukung sudah siap langkah berikutnya adalah Langkah langkah pembuatan:


Bentuk lilin mainan menjadi seperti kolam diatas plastik ,seperti gambar berikut:

Memilih kantong plastik sebagai alasnya karena silikon rubber tidak menempel pada plastik sehingga tidak menempel & mudah dilepaskan.


Masukan master(benda yang akan diduplikat),saya menggunakan contoh masternya sebuah uang logaman.Masukan ditengah tengah seperti pada gambar dibawah ini :


Setelah itu siap biarkan ,jgn disenggol.Sekarang kita buat adonan silikonnya.

1.Tuangkan perlahan silicon rubber ke dalam 1/4 gelas wadah penampung.

2. Masukan ½ sendok teh katalis  kedalam silicon rubber.

3. Aduk perlahan hingga adonan warna biru dari katalis merata,bila Anda mengaduknya terlalu keras/cepat maka akan menimbulkan gelembung. Bila itu terjadi pecahkan gelembung tersebut dengan cara disingkirkan ke atas permukaan/dipecahkan.

4.  Tuangkan adonan silicon tersebut ke kolam lilin yang berisi master,tuangkan sampai merendam master hingga tertutup semua.

Tunggu hingga 5 jam silicon rubber akan mengeras dari cairan kental berubah menjadi karet. 
Waktu yang dibutuhkan untuk mengeraskan silikon tergantung banyaknya katalis yang dituangkan, semakin banyak maka semakin cepat keras.

patokan lama pengerasan silikon bisa dilihat bedasarkan warna adonan setelah diaduk. semakin putih semakin lama adonan mengeras.




Setelah yakin telah kaku,Singkirkan lilin mainan, kemudian lepaskan master dari silicon rubber dengan perlahan ,Nah lubang yang ditinggalkan silicon rubber tersebut lah yang digunakan sebagai cetakan.






Anda dapat menuangkan resin,gypsum,semen dan lain lain untuk dicetak menjadi berapapun yang Anda mau, berkali kali.

Berikut adalah contoh hasil cetakan dan master nya, sangat miripkan?.









No comments:

Post a Comment